Hadir di Tengah Masyarakat, Tekat Aipda Eky Soekarno Bangkitkan Ekonomi Warga Masyarakat Berhasil

Advertisement
Advertisement

PASURUAN – Bukan hanya menciptakan dan memelihara Kamtibmas, Aipda Eky Soekarno saat ini sebagai Ps. Kanit Binmas Polsek Winongan  Polres Pasuruan ternyata mampu memberdayakan masyarakat di wilayah tugasnya untuk membangun ekonomi kemasyarakatan.

Dengan komitmen dan tekatnya yang bulat, Aipda Eky Soekarno mengajak warga masyarakat di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur khususnya yang menganggur dan tidak punya pekerjaan tetap untuk berkarya dengan membuat “keset kaki” berbahan kain limbah konveksi.

Aipda Eky Soekarno dengan telaten dan sabar mengajari warga masyarakat cara membuat kerjinan “keset kaki” yang nantinya dapat di jual di pasaran.

Menurut Aipda Eky Soekarno dari 6 tahun yang lalu pihaknya mulai merintis dan punya gagasan untuk membangun usaha ini.

Related Articles

Aipda Eky Soekarno mengaku keinginan memberdayakan warga masyarakat awalnya karena melihat warga di wilayah tugasnya tersebut banyak yang belum memiliki pekerjaan tetap terutama kaum emak – emak yang banyak menganggur.

Selain itu pihaknya juga ingin selalu hadir dan dekat di tengah masyarakat dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta mengajak masyarakat dalam menciptakan dan memelihara Kamtibmas.

“Sebagai Bhabinkamtibmas suatu tantangan bagi saya untuk selalu hadir di tengah masyarakat,harus bisa  bersama masyarakat, baik dalam hal menciptakan dan memelihara Kamtibmas maupun menjadi Problem Solving,” tutur Aipda Eky Soekarno,Selasa (18/1/22).

Namun demikian usaha Aipda Eky Soekarno tidak berjalan semulus jalan tol. Selama lebih kurang 6 tahun tersesebut ia mengaku banyak sekali rintangan yang menghadang niat baiknya dalam menjadi anggota Polri yang benar – benar bisa dirasakan kehadirannya oleh warga masyarakat di tempat tugasnya dalam segala tuntutan situasi dan kondisi.

“Yang tidak membuat saya putus asa adalah tekat kuat saya yang ingin dengan usaha pembuatan “keset” ini saya bisa membangun ekonomi warga masyarakat khususnya yang ada di wilayah tugas saya,”ungkap 

Advertisement

Al hasil saat ini Aipda Eky Soekarno dengan dibantu Aipda Sugiyanto anggota Bhabinkamtibmas Polsek Winongan Polres Pasuruan telah berhasil menggerakan ekonomi warga masyarakat di tempat tugasnya.

“Alhamdulilah pengrajin binaan sampai saat ini sudah berjumlah 60 pengrajin dan bisa menghasilkan 300 kodi dalam 1 bulan dan target kami ke depan 1000 pengrajin,”kata Aipda Eky Soekarno.

Sementara itu untuk penjualan, Aipda Eky Soekarno mengatakan saat ini penjualan bukan hanya di wilayah Pulau Jawa, tetapi sudah keluar lintas pulau.

“Alhamdulilah “keset kaki” sudah ada akses penjualan ke luar Jawa,sehingga berapapun yang telah dibuat oleh pengrajin, kita siap menjual,”tambah Aipda Eky Soekarno.

Dengan menggerakan warga binaanya ini, Aipda Eky Soekarno merasa yakin jika nanti terus berkembang besar pasti banyak manfaat  pada sisi ekonomi warga masyarakat terbangun.

Dan Polri yang selalu berada di tengah masyarakat akan lebih cepat dalam pemecahan masalah yang sewaktu – waktu terjadi di lingkungannya.

“Masalah itu kan bukan hanya gangguan kamtibmas atau tindak kejahatan, tapi ekonomi yang lemah itupun juga bisa dikatakan masalah,”tutur Aipda Eky yang rencana akan menjadi Narasumber dalam Program Presisi Inspiratif di Polri TV Radio  tanggal 20 Januari 2022 mendatang.

Untuk itu lanjut Aipda Eky, ia bertekat ke depan harus bisa merekrut 1000 pengrajin dengan kata lain 1000 orang yang ada di wilayh tugasnya memiliki pekerjaan tetap dan dapat memperbaiki ekonominya.

“Kami sangat berterima kasih  kepada Pimpinan dan Institusi Polri yang selalu memberikan suport kepada kami dalam kegiatan ini,”pungas Aipda Eky yang juga bercita – cita ingin mendirikan Yayasan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button