Imigrasi Tanjung Perak Raih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Advertisement
Advertisement

SURABAYA – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Perak berhasil menerima penghargaan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju WBK/WBBM, pada Senin (20/12).

WBK/WBBM merupakan predikat yang diberikan atas pencapaian unit kerja dalam membangun komitmen kuat untuk memberantas korupsi serta meningkatkan pelayanan melalui reformasi birokrasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menjelaskan bahwa konsep birokrasi reformasi merupakan katalisator mewujudkan good and clean governance untuk mendukung pembangunan nasional.

Dikatakan Tjahjo, ekspektasi Presiden RI terhadap reformasi birokrasi yaitu birokrasi yang menciptakan hasil, birokrasi yang lincah, dan birokrasi yang making delivered.

Related Articles

“Sasaran reformasi birokrasi kita yaitu menciptakan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, dan pelayanan publik yang prima,” ujar Tjahjo.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Indra Bangsawan menyampaikan predikat WBBM yang diraih oleh Kanim Tanjung Perak merupakan keberhasilan dari sebuah proses panjang penanaman dan pelaksanaan nilai integritas di Kementerian Hukum dan HAM dan tata kelola kinerja berbasis WBK/WBBM yang telah diterapkan selama ini.

“Semangat akan terus kami jaga untuk melakukan pembangunan dan pelaksanaan tata kelola berbasis zona integritas WBK/WBBM dalam pelayanan publik ke masyarakat,” ungkap Indra Bangsawan usai mengikuti acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM 2021 oleh KemenPAN-RB hari ini (20/12).

Menurut Indra, penghargaan zona integritas WBK/WBBM merupakan upaya Kanim Tanjung Perak untuk menghilangkan budaya korupsi, peningkatan kinerja, dan peningkatan pelayanan masyarakat.

“Predikat WBK/WBBM bukan hanya simbol, melainkan merupakan wujud nyata untuk menciptakan birokrasi yang berwibawa, bersih, dan melayani,” ujar mantan Kabid TPI Kanimsus Soekarno-Hatta itu.

Indra pun menegaskan bahwa Kanim Tanjung Perak akan terus selalu memperbaiki dan berusaha untuk terus memperbanyak inovasi pelayanan publik.

Advertisement

“Kami akan terus berusaha lebih baik agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,” pungkas Indra.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak bersama 6 satuan kerja (satker) berhasil memperoleh predikat WBBM dan 49 satker memperoleh prediakat WBK di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI pada tahun 2021.

Sedangkan dalam lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak dan Kanwil Kemenkumham Jatim yang berhasil meraih predikat WBBM, dari jumlah 10 satker yang mendapat predikat bergengsi WBK/WBBM tersebut.

Sedangkan sisa 8 satker lainnya meraih predikat WBK, diantaranya yaitu Lapas I Surabaya, Bapas I Surabaya, Bapas I Malang, Lapas IIB Pasuruan, Lapas IIB Mojokerto, Kanim II Non TPI Ponorogo, Rupbasan I Surabaya dan Rupbasan II Probolinggo.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono menjelaskan, secara nasional ada 4.402 satker dari seluruh kementerian/ lembaga, instansi dan pemerintah daerah yang mengikuti kontestasi pembangunan zona integritas. Dari jumlah itu, 558 satker berhasil meraih predikat WBK/ WBBM.

Untuk Kemenkumham berhasil mengantarkan 55 satker meraih predikat WBK/ WBBM. “Dari Jawa Timur ada 10 satker, ini terbanyak secara nasional,” urai Krismono.

Pria asal Yogyakarta itu menerangkan bahwa capaian ini tak lepas dari kerja keras jajarannya. Termasuk juga dukungan dari masyarakat sebagai pengguna layanan dan stakeholder terkait.

“Terima kasih atas dukungan, terutama masyarakat yang merasakan langsung pelayanan yang kami berikan. Alhamdulillah, selain sebagai pembina, Kanwil Kemenkumham Jatim juga sukses sebagai pelaksana dan meraih predikat WBBM,” tandas Krismono.

Usai kegiatan virtual Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM tahun 2021 secara virtual, Kanim Tanjung Perak langsung menggelar kegiatan tasyakuran dengan mengundang adik-adik dari Rumah Yatim Tahfidz Permata, Sidoarjo, yang bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Jl. Darmo Indah No. 21, Tandes, Surabaya. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button