Kalapas Narkotika Nusakambangan Pantau Penelitian Kemasyarakatan Warga Binaan

Advertisement
Advertisement

NUSAKAMBANGAN – Lapas Narkotika Kelas IIA Nusakambangan kedatangan para Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dalam rangka untuk melakukan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas).

Kegiatan ini bertempat di Aula Lapas Narkotika Kelas IIA Nusakambangan, pada Rabu (9/3).

Kegiatan Litmas ini dihadiri langsung oleh Kalapas Narkotika Kelas IIA Nusakambangan Raden Mas Kristyo Nugroho, Kabapas Kelas IIA Nusakambangan, Johan Ary Sadhewa, dan Pejabat Struktural Lapas Narkotika beserta 22 orang Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas Nusakambangan.

Kegiatan ini juga melibatkan sebanyak 71 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari total usulan 266 WBP.

Related Articles

Sebelum kegiatan dilaksanakan, Kalapas memberikan penguatan terhadap Tim PK Bapas agar lebih selektif dalam pelaksanaan Litmas.

Kalapas Kristyo mengatakan, penelitian kemasyarakatan merupakan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif dalam rangka penilaian untuk kepentingan pembinaan dan pembimbingan WBP yang disusun oleh seorang PK.

Advertisement

“Selain itu juga untuk melakukan penggalian data terhadap warga binaan pemasyarakatan,” ujar Kalapas Kristyo.

Menurut Kristyo, PK ini juga untuk melakukan penggalian data terhadap pihak penjamin (keluarga WBP,red) guna mengetahui keadaan penjamin dan kelayakan lingkungan sosial.

“Nantinya keluarga ikut berperan aktif dalam mengawasi dan membimbing WBP untuk melakukan kegiatan yang positif serta tidak mengulangi lagi tindak pidana,” kata Kristyo.

Kristyo berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, mampu memberikan kepastian terhadap WBP untuk program pembinaan selanjutnya selama berada di Lapas Narkotika Nusakambangan.

“Ini juga dapat menciptakan kondisi Lapas yang aman dan kondusif,” pungkas Kalapas Kristyo. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button