Kalapas Pemuda Madiun Pimpin Razia Rutin Blok Warga Binaan

Advertisement
Advertisement

MADIUN – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pemuda Kelas IIA Madiun Ardian Nova, memimpin razia pada kamar blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) secara acak, pada Sabtu (26/2/2022) malam.

Kalapas mengatakan bahwa, kegiatan rutin ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di area Lapas.

“Penggeledahan dilakukan di 6 kamar secara transparan dan terbuka,” kata Kalapas Ardian.

Dijelaskan Ardian, razia dilakukan dengan cara mengajak salah satu warga binaan dari setiap kamar untuk menyaksikan kamar yang digeledah.

Related Articles

“Kita razia tadi kamar Blok Brawijaya Atas nomor 4,5,6,10,14 dan 15. Kegiatan ini dalam rangka menjaga Tusi (tugas dan fungsi) kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban secara keseluruhan. Mengantisipasi adanya barang terlarang sekaligus memberikan efek jera buat mereka,” jelas Kalapas Ardian.

Sementara itu, Ka. KPLP, Sastra Irawan menambahkan, bahwa pemeriksaan bukan hanya berfokus pada penggeledahan barang terlarang. Tetapi juga saluran listrik ilegal, sanitasi dan kebersihan kamar blok.

Advertisement

“Kita periksa apabila ada hal-hal yang tidak semestinya. Jaringan listrik ilegal tidak standar langsung kita lakukan pencopotan. Karena bisa menyebabkan konsleting listrik yang berujung pada kebarakan,” kata Sastra.

Sedangkan Kasi Adm. Kamtib, Prawira Hadiwidjojo menambahkan, penggeledahan dilakukan dengan cara pendekatan secara persuasif dan humanis. Hal ini untuk mencegah terjadinya kepanikan yang berlebih pada WBP.

“Dalam kegiatan ini mengedepankan humanis. Pencegahan supaya tidak panik mereka (WBP). Supaya tetap kondusif, mengingatkan tujuan mereka ada di sini itu agar mereka berubah menjadi lebih baik. Memiliki bekal saat kembali ke masyarakat,” ucapnya.

Dari hasil penggeledahan, ditemukan barang terlarang seperti senjata tajam rakitan, kabel charger, handphone, korek api dan headset.

“Handphone akan kita telusuri darimana WBP itu dapat. Sedangkan barang terlarang lainnya diluar handphone, akan kita musnahkan,” tandas Prawira.

Hadir juga dalam Kegiatan tersebut, Kasi Giatja Irphan Sandjojo dan Regu Pengamanan Tiger. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button