LaNyalla Mattailitti: Akun Facebook Bukan Diretas, Tapi Ada Oknum yang Catut Nama Saya

Advertisement
Advertisement

JAKARTA – Nama Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) LaNyalla Mahmud Mattalitti dicatut oleh oknum tidak bertanggungjawab di akun Facebook. Parahnya lagi, oknum tersebut meminta sumbangan dana COVID-19.

Modusnya, oknum tersebut mengirim pesan pribadi ke sejumlah rekan LaNyalla Mattalitti. Dalam pesan yang dikirimkan, oknum itu mengaku tengah menggalang dana untuk membantu penanganan pandemi COVID-19.

Selain itu, oknum tersebut juga mencantumkan nomor rekening penampung dana. Bahkan, dia memajang foto LaNyalla Mattalitti sebagai gambar profilnya

“Saya sedang adakan penggalangan dana buat bantu masalah covid. Mohon partisipasinya,” tulis oknum tersebut melalui Facebook Messenger.

Related Articles

Ketua DPD RI, LaNyalla Mattalitti menyampaikan bahwa, ada pihak tak bertanggung jawab yang mencatut namanya dengan membuat akun palsu di Facebook.

“Tidak ada yang meretas Facebook saya. Yang ada mereka pakai nama saya untuk membuat akun palsu yang atas nama saya,” kata LaNyalla Mattalitti, Jumat (2/9/2020) malam.

Mantan Ketua Umum Kadin Jatim ini mengungkapkan, akun Facebook miliknya sudah terverifikasi atau centang biru. Sehingga tidak mungkin menjadi sasaran peretas atau diretas.

“Facebook saya sudah centang biru jadi tidak mungkin bisa diretas,” ungkapnya.

Sementara pihak Kepolisian sempat mengidentifikasi remaja asal Pakis, Kabupaten Malang, yang diduga pelaku pencatutan nama Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti pada akun Facebook palsu.

Namun dari hasil penyelidikan, remaja berinisial DP (17) ini bukan pelaku yang mencatut nama Ketua DPD RI di akun palsu Facebook yang beredar itu.

“Sudah kami lakukan klarifikasi, ternyata yang bersangkutan tidak ditemukan bukti ada keterkaitan dengan penipuan yang menggunakan nama Pak LaNyalla pada akun Facebook palsu tersebut,” kata Kasat Reskrim Polres Malang AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo, saat dikonfirmasi, Jumat (2/10/2020).

Advertisement

AKP Tiksnarto menceritakan, identitas DP diketahui berdasarkan informasi masyarakat. Penyelidikan kemudian dilakukan dengan melacak keberadaan DP.

Kemudian remaja tersebut akhirnya bisa ditemukan. Selanjutnya, petugas melakukan klarifikasi terkait kasus pencatutan nama Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti.

“Kita sudah meminta keterangan yang bersangkutan. Hasilnya, tak memiliki keterkaitan atas upaya penipuan yang mencatut nama Pak LaNyalla,” jelas AKP Tiksnarto.

Tiksnarto menambahkan, petugas juga menemukan adanya kesamaan nama, antara pelaku dengan remaja asal Pakis, Kabupaten Malang itu. Namun, DP tak terbukti memiliki nomor rekening yang digunakan pelaku dengan modus penggalangan dana penanganan COVID-19.

“Jadi, yang bersangkutan tak terbukti melakukan peretasan, sampai dengan upaya melakukan penipuan bermodus penggalangan dana COVID-19 yang menggunakan Pak LaNyalla,” tegasnya.

Untuk itu, Polres Malang mengimbau kepada masyarakat agar tak mudah termakan hoaks, sebelum kebenaran atas informasi yang beredar dapat dibuktikan terlebih dahulu. Sehingga tak merugikan orang lain.

“Kami mengharapkan agar masyarakat tak mudah termakan hoaks. Jangan sampai ada masyarakat jadi korban karena informasi tidak benar,” pungkas AKP Tiksnarto.

Sebagai informasi, berikut akun resmi sosial media (sosmed) milik Ketua DPD RI. Sehingga akun-akun lain yang mengatasnamakan LaNyalla Mattalitti bukanlah akun asli.

Instagram :
http://instagram.com/lanyallamm1
Facebook :
https://www.facebook.com/LaNyallaOfficial
Twitter :
https://twitter.com/LaNyallaMM1
Youtube :
https://www.youtube.com/c/lanyallachannel

Selain untuk membagikan kegiatannya sebagai Ketua DPD RI, eksisnya LaNyalla Mattalitti di sosial media juga untuk menjangkau banyak aspirasi dari masyarakat dari berbagai tempat. (Ran)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button