Trending

Maha Karya Haris Sukamto Lewat Film Pendek The Smuggler

Dalam Rangka Memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke 72 Tahun 2022

Advertisement
Advertisement

MATARAM – Film pendek berjudul “The Smuggler” – Akhir Perjalanan Sang Penyelundup Manusia, adalah sebuah maha karya dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Nusa Tenggara Barat (NTB) Haris Sukamto, resmi tayang di channel YouTube Kemenkumham NTB, pada Kamis (27/1/2022).

Disutradarai oleh Haris Sukamto, film ini bercerita tentang bagaimana perjuangan Petugas Imigrasi dalam menghadapi kejahatan internasional “Penyelundupan Manusia” yang beroperasi di Indonesia melalui berbagai cara baik darat maupun laut.

Haris Sukamto berperan sebagai bos besar, sedangkan Edi (Wisnu Ontoaji) adalah seorang pimpinan sindikat penyelundup manusia ke dalam dan luar wilayah Indonesia.

Dalam kisahnya, Edi mengenal betul medan untuk menyelundupkan manusia melalui batas – batas negara Indonesia.

Related Articles

Edi juga memiliki jejaring untuk mendapat banyak klien baik WNA maupun WNI, serta koneksi yang kuat di pemerintah untuk memuluskan bisnisnya.

Namun, Petugas Imigrasi Indonesia tidak akan membiarkan Edi melakukan kejahatannya.

Segala fasilitas dan skill yang dimiliki oleh petugas dikerahkan untuk menggagalkan aksi penyelundupan ini dan juga untuk menangkap Edi dan komplotannya.

Masalah yang dihadapi oleh petugas Imigrasi tidak mudah, karena harus melacak keberadaan Edi dan komplotannya yang tentunya bersembunyi agar tidak mudah ditemukan.

Advertisement

Selain itu, petugas juga harus berkejar – kejaran menangkap Edi dan komplotannya, bahkan harus menggunakan senjata api.

Segala cara dilakukan oleh petugas Imigrasi untuk bisa menegakkan hukum dan menjaga keamanan Negara.

Haris Sukamto menjelaskan bahwa, film pendek “The Smuggler” yang diproduksi Kemenkumham NTB ini dipersembahkan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke 72 Tahun 2022.

Haris mengatakan sinema garapannya ini mengangkat isu tentang kejahatan internasional “Penyelundupan Manusia” yang beroperasi di Indonesia melalui berbagai cara baik darat maupun laut.

“Saya menempatkan posisi sebagai Sutradara dan berperan sebagai bos besar dari sindikat mafia tersebut. Film The Smuggler ini dikerjakan selama 15 hari, dengan lokasi syuting di Gili Trawangan, jalur Bypass Lombok, Kanim Mataram, dan Taman Hutan Lindung Suranadi,” jelas Haris kepada Jurnal Kumham, Jumat (28/1/2022).

Berdurasi selama 17 menit, narasi dan emosi dalam film ini diperankan secara sempurna oleh team work jajaran Kemenkumham NTB.

“Melalui film The Smuggler ini, saya ingin memperlihatkan tugas dan perjuangan Imigrasi Indonesia dalam menjaga keamanan dan pintu gerbang negara,” ujar Haris Sukamto.

Dalam film ini, Kemenkumham NTB juga berkolaborasi dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, dan beberapa stakeholder lainnya.

Penasaran tonton selengkapnya di Channel YouTube Kemenkumham NTB atau video berikut :

The Smuggler

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button