Polres Jember bersama BPBD Lakukan Mitigasi Tindaklanjuti Status Gunung Raung

Advertisement
Advertisement

Jember – Gunung Raung yang masuk dalam tiga wilayah Kabupaten di pulau Jawa ujung timur yaitu masuk wilayah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember kemarin sore hari Rabu 27 Juli 2022 sekitar jam 17.20 mengalami erupsi letusan kecil.

Beberapa kecamatan di Kabupaten Jember yang berada di lereng Raung mengalami dampak dari erupsi dari gunung Raung, diantaranya Kecamatan Sumberjambe dan Kecamatan Ledokombo.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo SIK SH dalam konfirmasinya,”Memang benar Rabu kemarin sekitar jam 17.20wib telah terdengar gemuruh dari puncak sebanyak kurang lebih 4 kali”.

Advertisement

“Dan dampak yang dialami, hujan abu vulkanik yang berterbangan diwilayah Kec. Ledokombo bagian timur yaitu Desa Slateng, Desa Sumber bulus dan Desa Sumber salak, yang membuat mata pengendara terasa perih.Selain itu masyarakat petani tembakau merasa khawatir dengan tanamannya rusak akibat terkena hujan abu vulkanik” Ujar Kapolsek Ledokombo. Kamis (28/07/2022)

Related Articles

Lanjut terang AKBP Hery Purnomo, “Langkah langkah yang kami lakukan,
1.Memberikan himbauan agar masyarakat terdekat gunung tidak panik tetapi tetap waspada.

  1. Berkoordinasi dengan BMKG.
  2. Melakukan koordinasi dengan Tim Tagana Desa yang sudah terbentuk relawan BPBD, Desa Slateng, Desa Sumber salak dan Desa Sumber bulus untuk siap siaga.
  3. Melakukan mitigasi terhadap rute / Jalur Evakuasi apabila sewaktu waktu intensitas Gunung Raung meningkat.

“Dan sampai saat ini tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil serta terpantau belum nampak ada tanda tanda getaran dari puncak Raung” jelas Kapolsek Ledokombo.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button